T eknologi telah berkembang selama bertahun-tahun dan akan terus berubah. Ini akan terus menentukan cara kita melakukan bisnis secara umum karena seluruh dunia sekarang menjadi desa global.

Waktunya telah tiba bagi bisnis untuk terus mencari cara untuk memanfaatkan teknologi dan inovasi sebagai keunggulan kompetitif tidak hanya untuk tetap terdepan dalam persaingan tetapi juga untuk mencegah bisnis mereka dari kepunahan.




Saat ini, teknologi merupakan bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Bisnis yang strategis lebih cenderung menggunakan teknologi untuk membuat proses menjadi lebih praktis, menurunkan biaya produksi, dan memudahkan pelanggan untuk mengakses produk dan layanan perusahaan. Penggunaan perangkat pelacak untuk memantau pergerakan pengiriman, teknologi RFID dan robot gudang untuk menyebutkan beberapa memiliki dampak yang luar biasa pada operasi logistik dan konsep baru seperti pencetakan 3D, drone, Internet of things, teknologi blockchain dan janji kendaraan tanpa pengemudi membawa peningkatan efisiensi dalam operasi logistik.

Di ruang Logistik teknologi dapat digunakan untuk menciptakan nilai lebih meskipun banyak masalah yang dihadapi oleh operator. Kita semua sadar akan tantangan logistik jalan yang rusak, kurangnya akses dana untuk mengakuisisi armada yang kini semakin terasa karena kenaikan nilai tukar, mahalnya suku cadang untuk memelihara armada dan lemahnya infrastruktur pembayaran digital dll. Meskipun menyadari bahwa tantangan ini ada, penting untuk ditekankan bahwa teknologi dapat menjadi jalan keluar untuk mengatasi beberapa hambatan ini layaknya jasa forwarder.



Peluang terbesar dalam bisnis logistik di seluruh dunia saat ini adalah ecommerce yang digerakkan oleh teknologi.  Mengingat bahwa e-commerce hanyalah sebagian kecil dari peluang yang dapat dimanfaatkan sejauh menyangkut logistik, karena potensi yang sangat besar ini kita harus mencari cara untuk menemukan cara mengatasi tantangan logistik ini daripada membuangnya handuk. Teknologi akan memainkan peran strategis dalam menemukan solusi atau mengatasi tantangan ini.

Ada berbagai tingkat adopsi teknologi di seluruh dunia. Beberapa bisnis baru mulai mencari cara menggunakan teknologi untuk meningkatkan produk dan layanan mereka; yang lain sudah menggunakannya dan sedang memikirkan tingkat adopsi berikutnya dan aspek bisnis lain apa yang akan diotomatiskan selanjutnya sementara beberapa yang lain memiliki teknologi yang sangat dalam dan siap untuk tetap terdepan dalam persaingan dan mengontrol bagian pasar yang lebih baik karena keunggulan teknologi yang unggul.

Ada 3 cara Deliveree memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan proses logistik guna meningkatkan profitabilitas.

  • Kemungkinan inti: Teknologi dapat digunakan untuk mengoptimalkan produk yang sudah ada untuk pelanggan yang sudah ada.
  • Kemungkinan yang berdekatan: Ini berkaitan dengan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk memperluas bisnis ke area baru.
  • Kemungkinan Transformasi: Cara menggabungkan teknologi terobosan dan / atau menciptakan produk / layanan untuk pasar yang tidak ada.

Jelas, manfaat yang bisa diperoleh dari kemungkinan transformasi sangat besar karena ini memberikan peluang baru dan menciptakan pertumbuhan.

Tantangan Logistik Yang Dihadapi Di Sektor eCommerce

Memanfaatkan struktur yang ada untuk melaksanakan pengiriman jarak jauh untuk e-niaga. Namun, tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan-perusahaan ini di ruang e-commerce adalah Cash on Delivery dimana kurir pengiriman membuang waktu berharga dalam mengumpulkan uang untuk barang dagangan Meskipun pembayaran online dan mesin POS tersedia, beberapa pembeli tradisional tidak mempercayai platform online dan tidak mau merilis detail keuangan mereka secara online. Yang lain ingin melihat barang dagangan untuk memastikan barang itu asli sebelum mereka melakukan pembayaran Karena mereka diukur pada kecepatan pengiriman di jaringan global mereka yang ada, perusahaan kurir yang beroperasi di wilayah Nigeria ini tidak dapat membuang waktu untuk pengiriman yang akan berdampak pada mereka. kinerja operasional secara keseluruhan dan karena itu berjuang untuk bersaing dalam pengiriman mil terakhir.



Selain itu, ada juga tantangan medan yang sulit karena kurangnya infrastruktur di Nigeria. Penentu utama efisiensi dalam mil terakhir, jalan yang baik, sulit didapat. Konsekuensinya, perusahaan kurir harus beradaptasi untuk berbisnis di medan yang sulit ini agar bisa sukses. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan mempertimbangkan Solusi I.T yang disesuaikan yang disesuaikan dengan arah strategis tertentu perusahaan. Cara lain adalah mencari cara inovatif untuk menciptakan jaringan pengiriman yang sama sekali berbeda dari cara tradisional memiliki armada pengiriman secara langsung.