Pemasaran global / Global Marketing

Pemasaran global tidak lain adalah pemasaran yang dilakukan pada tingkat nasional dan internasional dan yang melibatkan memahami persamaan, perbedaan, dan mengambil keuntungan dari peluang untuk mencapai tujuan. Berkonsentrasi pada pemasaran global sama pentingnya dengan berkonsentrasi pada pemasaran dalam negeri jika perusahaan bertujuan untuk meningkatkan penjualan.

Pasar domestik telah menjadi jenuh di sebagian besar kategori produk dan layanan, di semua negara industri dan karenanya, mereka mulai berurusan dengan negara-negara lain untuk meningkatkan penjualan mereka. Biasanya dalam kasus seperti itu, barang yang terlalu mahal untuk dibeli oleh pelanggan domestik diekspor ke negara kaya lainnya.

Ketika sebuah perusahaan melakukan pemasaran dalam batas-batas wilayah tertentu, ia harus bersaing dengan perusahaan domestik lainnya serta perusahaan internasional yang merupakan bagian dari pasar. Langkah-langkah pemasaran yang diambil oleh para profesional didasarkan pada selera audiens tertentu. Produk mungkin tidak sesuai dengan selera pelanggan di tingkat yang lebih tinggi. Perusahaan domestik lainnya yang berencana untuk go global menghambat pertumbuhan perusahaan tersebut. Mereka menjadi tidak terlihat di tingkat internasional karena mereka tidak dapat mengatasi persaingan yang sedang tumbuh dan mungkin tidak menyadari pesaing potensial. Pengembangan produk tergantung pada kebutuhan penduduk setempat. Jenis bisnis seperti ini bersifat etnosentris dan hanya peduli dengan kinerjanya di pasar domestik.

Global Marketing

Perusahaan yang berencana untuk go global harus mulai dengan ekspor ke klien asing terlebih dahulu. Pengembaliannya tidak akan memuaskan di awal. Departemen ekspor dapat diperkenalkan di kantor pusat yang berhubungan dengan semua undang-undang. Ada kemungkinan menjadi eksportir sekunder dengan membawa perusahaan manajemen ekspor ke dalam gambar, yang akan berurusan dengan masalah bahasa, perbedaan waktu, dokumen dan pelanggan. Jika mengelola ekspor tanpa bantuan apa pun, departemen ekspor dapat dimulai di kantor yang berlokasi di luar negeri. Kantor ini bekerja sama dengan kantor pusat regional. Tetapi masing-masing kantor di luar negeri mengambil keputusan pemasaran, karena mereka akan memiliki pengetahuan terbaik tentang pasar tertentu di mana mereka beroperasi.

Pemasaran multinasional melibatkan pemasaran di banyak negara. Pemasaran didasarkan pada persyaratan dari berbagai negara dan pengembaliannya memuaskan. Setiap daerah harus dipelajari secara individual berdasarkan pengembangan, produksi dan pemasaran. Pasar semacam itu dikenal sebagai sentris wilayah. Pemasaran global melibatkan seluruh dunia. Seluruh dunia diringkas sebagai pasar tunggal dan produk yang dirilis di pasar harus sesuai dengan kebutuhan pasar regional mana pun. Pemasar di seluruh dunia membuat keputusan pemasaran. Pasar semacam itu dikenal sebagai geosentris.

Pemasaran multinasional

Industri otomotif adalah salah satu pasar yang mengalami peningkatan penjualan global selama lima puluh tahun terakhir. Sebelumnya hanya perusahaan lokal seperti Ford dan General Motors yang digunakan untuk memproduksi mobil di Amerika, tetapi hari ini pesaing internasional lainnya seperti Toyota dan Honda beroperasi di pasar yang sama dan telah keluar dari perusahaan lokal. Faktor kunci lain untuk pemasaran global adalah Internet, yang memperkenalkan e-commerce. Bisnis mulai online dan global. Ini mendorong penjualan perusahaan dan angkanya hanya meningkat karena pengguna Internet semakin meningkat. Lokasi geografis pelanggan tidak lagi menjadi penghalang. Manajemen pemasaran global dan e-commerce bisnis-ke-bisnis sedang berkembang pesat.

Produk, Harga

Produk, harga, penempatan, dan promosi adalah elemen pemasaran global. Produk yang dibuat harus sedemikian rupa sehingga dapat dijual di mana saja menggunakan metode yang sama. Ini harus mempertimbangkan elemen utama dari semua pasar. Namun, bahasa tempat produk diberi nama dapat diubah, sedangkan kontennya tetap sama. Harga tidak pernah konstan. Itu harus diputuskan setelah meninjau pasar dan mata uang negara. Variabel yang mempengaruhi harga adalah lokasi di mana produk diproduksi, biaya bahan, biaya transportasi, biaya tenaga kerja, dll.

Penempatan adalah bagaimana produk didistribusikan dan bagaimana mencapai pasar yang ditargetkan. Seperti di negara-negara dunia ketiga, ada kekurangan superstore, sehingga mereka dapat ditempatkan atau dijual di toko-toko biasa. Setelah produk dikembangkan dan didistribusikan, harus dipromosikan secara tepat dikenal sebagai iklan, promosi adalah salah satu langkah utama pemasaran dan mengkonsumsi bagian utama dari anggaran. Jika mungkin untuk mengirimkan pesan yang sama di seluruh dunia dengan cara yang relevan dan hemat biaya, tentu harus dipraktikkan tetapi tantangannya sangat besar.

Theme: Overlay by Kaira