Virtual Kini Tersedia Melalui Facebook Messenger Telkomsel- Penyedia telepon seluler Telkomsel membuka GraPari Virtual, layanan pelanggan yang terletak di platform chat sosial Line, Facebook Messenger dan Telegram.

Layanan tersebut bekerja dengan menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dan interaksi manusia. Saat menghubungi GraPari Virtual, asisten virtual bernama Veronika akan memberikan layanan kepada pengguna.

Menariknya, karena menggunakan AI, pengguna bisa mengakses layanan ini kapan pun, di mana pun selama 24 jam. Indonesia termasuk dalam 5 besar dengan pengguna media sosial tertinggi di dunia. Oleh karena itu Telkomsel sebagai provider terbesar, merasa perlu untuk memberikan layanan melalui saluran digital.

Layanan virtual menggunakan teknologi AI

Tetapi ada juga manusia dan pengguna yang dapat berinteraksi dengan aplikasi Facebook Messenger Telkomsel. Namun, tidak semua customer service bisa ditangani oleh GraPari Virtual. Menurut Ririek, saat ini layanan tersebut hanya bisa menangani informasi lokasi GraPari terdekat saja, bagaimana cara upgrade ke 4G, Permintaan informasi mengenai informasi paket yang valid dan dipesan, billing, PIN T-Care dan PUK.

Pembelian pulsa, pembayaran paket dan penukaran poin juga dapat dilakukan melalui layanan ini. Sekarang sudah tidak bisa menangani keluhan tapi dengan interaksi dengan pengguna, layanan berbasis AI ini bisa menjadi lebih pintar. Pengguna pun merasa seperti mengunjungi GraPari 24 jam sehari.

Telkomsel telah melakukan terobosan yang memungkinkan pelanggan untuk bertanya dan memperoleh jawaban informasi dengan lebih mudah melalui “layanan pelanggan” virtual. Layanan bernama GraPari Virtual tersedia pada beberapa aplikasi pesan instan populer seperti misalnya Facebook Messenger Telkomsel.

GraPari Virtual Telkomsel

ini menjadi solusi nyata yang terus dikembangkan untuk layanan pelanggan yang lebih baik dengan saluran digital yang menggabungkan analisis pelanggan, kecerdasan buatan (AI), serta interaksi antara manusia dan komputer untuk menghasilkan layanan yang lebih mandiri. Telkomsel menamai asisten virtualnya “Veronika”, yang dapat menanggapi pesan yang dikirim pengguna 24 jam sehari.

Layanan yang dikembangkan Accenture ini dapat menjawab berbagai permintaan informasi dari pelanggan, antara lain lokasi GraPari terdekat, cara upgrade ke 4G, dan informasi seputar sisa kuota paket untuk diisi ulang. “Tersedia 24 jam sehari, seperti halnya pelanggan kami dapat mengakses GraPari 24 jam.

Ini juga akan memudahkan pelanggan karena dapat mengaksesnya kapan saja, di mana saja, dan lebih cepat. Kami berharap layanan ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. “Saat diluncurkan di Telkomsel Smart Office Jakarta pada 24 April (24/8), kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.

Layanan Virtual GraPari ini belum tersedia di WhatsApp karena aplikasi messaging terpopuler tersebut belum menyediakan akun resmi dan belum menyediakan saluran komunikasi dengan robot. Dalam beberapa tahun terakhir, Telkomsel mengakui bahwa saluran digital menjadi pilihan utama pelanggan untuk berinteraksi dengan produk dan layanannya.

Pelanggan Telkomsel

Dua pertiga interaksi pelanggan dengan Telkomsel menggunakan saluran digital. Keberadaan GraPARI Virtual pada Facebook Messenger Telkomsel juga memperkaya berbagai alternatif digital customer contact point (CTP) bagi perusahaan telekomunikasi. Ini termasuk aplikasi Twitter @ Telkomsel, Facebook @ Telkomsel, Telkomsel Chat dan MyTelkomsel.

Oleh karena itu kini Anda dapat menanyakan semua pertanyaan terkait dengan layanan dari Telkomsel pada Veronika baik tentang produk, layanan, serta informasi lainnya bahkan berbagai game seru, humor, tebak-tebakan bisa Anda coba dari layanan digital ini.

Sekian ulasan mengenai GraPari Virtual yang kini telah tersedia melalui Facebook Messenger Telkomsel yang bisa diakses selama 24 jam. Sehingga akan sangat memudahkan para pengguna saat membutuhkan layanan customer service secara cepat. Semoga membantu dan menjadi referensi terkait dengan pelayanan digital dari Telkomsel yang semakin berkembang.