Ayo Gowes,Manfaat Bersepeda yang Harus Kamu Tahu!

Ayo Gowes,Manfaat Bersepeda yang Harus Kamu Tahu! Tubuh kita tentu membutuhkan aktivitas fisik agar tetap dapat berfungsi dengan normal dan kesehatan tetap terjaga. Olahraga adalah hal yang paling penting untuk melatih tubuh agar selalu bergerak. Nah olaharaga yang simple tapi memiliki segudang manfaat yaitu bersepeda. Nah bagi Anda yang jarang bersepeda, sebaiknya tau apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan di bawah ini. Ayo Gowes!

Gowes adalah istilah kekinian dari bersepeda. Selain dilakukan untuk menyehatkan tubuh, bersepeda juga telah menjadi hobi bagi kebanyakan orang, bahkan di kota-kota besar kita sudah bisa mendapati klub bersepeda yang sering melakukan event-event bersepeda sampai ke luar kota.

Banyak yang mengatakan bahwa manfaat bersepeda itu tak berujung, sama seperti jalanan yang dilintasi. Memang benar, tidak hanya menyehatkan tubuh, gowes pagi atau malam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit loh.

Bersepeda adalah olahraga paling mudah yang bisa dilakukan siapa saja tanpa mengenal usia, mulai dari anak kecil, dewasa hingga orang yang lebih tua. Bersepeda memang olahraga yang sangat asyik karena bisa mengaja kesehatan sambil menikmati pemandangan lingkungan sekitar. Jadi tunggu apa lagi, Ayo gowes mulai sekarang juga.

Manfaat Bersepeda yang Harus Kamu Tau

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bersepeda, diantaranya:

1. Mengontrol Berat Badan

Siapa nih di sini yang ingin mendapatkan berat badan ideal? Manfaat bersepeda untuk diet sangat berperan penting loh. Bersepeda setiap hari dapat membantu menurunkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh, sehingga berat badan akan tetap terkontrol. Selain itu, berolahrga sepeda juga dapat melancarkan metabolisme yang membuat kalori kamu terbakar lebih banyak, bahkan saat istirahat.

2. Mencegah Risiko Jantung

Manfaat bersepeda untuk kesehatan jantung sudah sangat umum diketahui banyak orang. Pasalnya banyak dokter yang menganjurkan untuk pasien yang terkena gangguan jantung untuk rutin bersepeda. Hal itu dikarenakan bersepeda selama 20 menit saja setiap harinya akan membantu mengontrol detak jantung, dan mencegah risiko mudah lelah.

3. Meningkatkan Mood dan Anti Depresi

Bersepeda adalah olahraga yang dilakukan di luar rumah, sehingga selain untuk membugarkan tubuh, kita bisa melihat pemandangan di luar sana. Dengan bersepeda, kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati Anda akan meningkat sehingga stres dan kecemasan Anda akan menjadi berkurang. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami tekanan akibat rutinitas kerjaan, apa salahnya mencoba olahraga yang satu ini.

4. Mengatasi Insomnia

Bagi Anda yang sering mengalami masalah susah tidur di malam hari atau yang sering disebut dengan insomnia, bersepeda bisa jadi solusi Anda untuk mengatasi hal tersebut. Perlu Anda tau bahwa kualitas tidur yang tidak baik dapat memicu berbagai macam penyakit.

Maka dari itu cobalah untuk bersepada selama 20-30 menit minimal 3 kali dalam seminggu. Itu karena bersepeda di pagi hari sebelum matahari begitu terik dapat menyingkirkan hormon kortisol yang menjadi pemicu insomnia. Dengan bersepeda secara rutin, kualitas tidur Anda akan tetap terjaga sehingga tubuh Anda akan minim risiko terkena penyakit seperti anemia, depresi dan lain sebagainya.

5. Mencegah Risiko Kanker

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Glasgow yang dilakukan awal tahun 2018 lalu menemukan bahwa bersepeda yang dilakukan setiap hari dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Dengan bersepeda maka detak jantung akan meningkat, memompa darah ke seluruh tubuh, membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

Berolahraga adalah jenis olaharaga yang paling direkomendasikan oleh National Health Service (NHS) agar dapat menghindari berbagai penyakit kronis seperti jantung dan kanker. Jenis kanker yang bisa dihindari dengan berolahraga adalah kanker usus dan kanker payudara.

6. Meningkatkan Kekuatan Otak

Saat ini penyakit demensia tidak hanya dapat menyerang manusia lanjut usia. Ada banyak anak muda bangsa yang sudah terkena demensia dini. Jika Anda tidak ingin itu terjadi pada Anda, ayo gowes! Orang yang mengalami demensia sangat dianjurkan untuk berolahara secara rutin.

Salah satu olahraga yang paling baik untuk meningkatkan kekuatan otak yaitu bersepeda. Sebuah studi pada tahun 2013 menemukan bahwa aliran darah ke otak pengendara sepeda akan meningkat 28% hingga 70%. Bahkan setelah berolahraga sepeda pun, aliran darah akan tetap naik ke otak hingga 40%. Untuk meningkatkan otak, sebaiknya Anda bersepeda selama 40-60 menit empat kali dalam seminggu.

7. Meningkatkan Kekuatan Kaki

Bagian tubuh yang paling berperan dalam bersepeda adalah bagian kaki. Dengan begitu bersepeda sangat baik untuk meningkatkan keseluruhan tubuh di bagian bawah seperti glutes, paha belakang dan betis. Kalau Anda ingin kaki Anda menjadi lebih kuat, setelah bersepeda Anda bisa melakukan latihan angkat berat seperti leg presses, lunges dan squat secara rutin.

8. Mencegah Diabetes

Diabates adalah kondisi meningkatnya kadar gula dalam darah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti stroke, saraf, jantung dan paru-paru. Biasanya diabetes dialami pada saat usia lebih dari 40 tahun. Manfaat bersepeda di sini dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Dengan bersepeda selama 30 menit saja setiap harinya akan menjaga kadar gula darah Anda agar tetap terkontrol. Bersepeda secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes hingga 40 persen loh.

9. Meningkatkan Pergerakan Usus

Dengan bersepeda maka detak jantung dan pernapasan Anda menjadi lebih cepat. Dengan begitu jantung dan paru-paru Anda akan membantu menstimulasi kontraksi otot-otot usus yang dapat mencegah Anda dari rasa kembung. Selain itu bersepeda secara rutin akan meminimalisir risiko terkena kanker usus.

10. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Ayo Gowes,Manfaat Bersepeda

Selain mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan vitamin bersepeda juga bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Berdasarkan penilitian yang dilakukan oleh David Nieman dan rekan-rekannya di Appalachian State University menemukan bahwa olahraga sepeda berperan penting untuk menjaga sistem pernapasan bagian atas sehingga risiko flu biasa akan berkurang.

Seorang Profesor Tim Noakes juga mengatakan bahwa olahraga ringan seperti sepeda dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mampu meningkatkan produksi protein penting serta membangun sel darah putih. Bersepeda juga adalah olahraga yang sangat aman karena tidak perlu bersentuhan dengan alat olahraga yang bisa saja sudah dipakai oleh banyak orang.

Menjaga kesehatan agar tetap baik memang tidak mudah. Namun ketika kita sudah terserang penyakit, untuk menyembuhkannya tidak semudah pencegahannya. Maka dari itu sayangi tubuh Anda dengan selalu menjaga pola hidup yang lebih sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, menghindari stress, dan berolahraga yang cukup.

Manfaat bersepeda sudah tidak diragukan lagi, selain itu bersepeda juga bukanlah olahraga berat yang membutuhkan waktu yang lama. Luangkan waktu Anda untuk bersepeda minimal 30 menit, setiap 2-3 kali dalam seminggu. Jadi tunggu apa lagi, ayo gowes untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Theme: Overlay by Kaira